Pompa Hydrant

pompa-hydrant.com

Pompa Hydrant

HYDRANT SYSTEM untuk Pompa Hydrant

Pengertian Fire Fighting Hydrant System’s adalah system yang paling umum digunakan, di banyak industrial project dan gedung bertingkat tinggi. Pompa hydrant merupakan sistem untuk perlindungan terhadap kebakaran yang menggunakan media air dan pipa hydrant secara umum hampir mirip dengan sistem pipa air pada rumahan untuk mengalirkan air. Tetapi dalam perbedaannya prinsip kerja pompa hydrant yang membedakan dari pompa air biasa adalah pompa khusus fire hydrant digunakan serta komponen yang digunakan untuk merancang sistem kerja pompa hydrant.

Jika anda pernah melihat pipa berwarna “Merah”, mengelilingi sebuah bangunan atau pabrik, anda telah melihat pipa Fire Hydrant. Jika anda melihat artikel / berita tentang kebakaran, anda pasti melihat seorang pemadam kebakaran menembakan air 8 tingkat atau lebih, pemadam kebakaran tersebut memakai Fire Hydrant System. Itulah kekuatan Fire Hydrant System sehingga air dapat ditembakan hingga 8 lantai, langsung ke dalam api. Sehingga Api dapat dipadamkan dengan baik dan cepat.

Hydrant Fire Pump dimulai ketika tekanan dalam Fire Sprinkler System turun di bawah ambang batas. Tekanan / Pressure Sprinkler System turun secara signifikan ketika satu atau lebih sprinkler terkena panas di atas suhu  tertentu yang telah di atur pada desainnya. Membuka, dan melepaskan air. secara bergantian, Pada saat gulungan selang api lain atau koneksi pemadam kebakaran lainnya dibuka, akan menyebabkan Pressure Drop / penurunan tekanan.

Tempat Penyimpanan Air Pompa Hydrant (Tandon / Reservoir)

Tandon air dimaksudkan untuk memberikan pasokan air yang cukup agar dapat digunakan dalam keperluan sistem kerja hydrant. Pasokan air untuk system fire hydrant dapat berasal dari sumber air seperti penyediaan air statis, seperti tangki atau bendungan. Penyimpanan air juga harus mencakup  pengisian otomatis (air tambahan) yang kemungkinan berkurang akibat penguapan, kebocoran, pengujian periodik, dan lain-lain. Kapasitas atau volume pasokan air atau penyimpanan juga harus diperhitungkan sebagai bagian dari hidrolik analisis.

Sistem Distribusi Pompa Hydrant Aliran Air

Hydrant Pump Package
Untuk mengarahkan air dari titik asal (supply) ke tujuan (hydrant valve) memerlukan serangkaian pipa sebagai pendistribusi dengan ukuran yang  telah ditentukan. Sistem distribusi aliran air ini meliput pipa hydrant untuk mendistribusikan air dari tandon air yang didorong dengan fire hydrant . Dibutuhkan waktu minimal 30 menit untuk memasok air ke fire hydrant supaya siap digunakan ketika mobil pemadam api datang.

Sistem Pemancar Air Dalam Pompa Hydrant

Serangkaian alat ini berfungsi menyediakan titik-titik  untuk pemadam kebakaran dalam menyediakan air tambahan untuk Fire Fighting Hydrant System’s jika berada dalam keadaan darurat. Sistem ini meliputi fire hose yang sudah terkoneksi dengan fire hose coupling mengalirkan dari fire hydrant. Kemudian di tambah dengan nozzle untuk memaksimalkan pancaran ke titik api. Atau dengan menggunakan Water Monitor untuk memancarkan ke sumber titik api.

Pengecekan Dan Maintenance Atau Pemeliharaan Sistem Fire Hydrant

Supaya prinsip kerja fire hydrant tetap dapat bekerja secara maksimal harus di lakukan pengecekan dan maintenance minimal satu tahun sekali. Tes dan survei untuk memastikan bahwa alat-alat masih dalam keadaan baik untuk memenuhi tujuan utamanya yaitu keselamatan dalam memadamkan kebakaran.

Pemeliharaan Sistem Hydrant

Sistem fire hydrant perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala, tes dan survei untuk membuktikan bahwa sistem hydrant dapat bekerja dengan baik. Sistem hydrant harus diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan bahwa alat-alat serta komponen pendukung lainnya dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk memenuhi tujuan utamanya yaitu keselamatan dalam memadamkan kebakaran.

Adapun hal-hal yang harus dilakukan pemeriksaan meliputi :

1. TempatPenyimpanan Air
2. Pump Set
3. Pipa dan Valve
4. Hydrant Valve dan Coupling
5. Fire Hose dan Nozzle

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka seluruh kriteria diatas harus dilakukan pengecekan secara rutin dan berkelanjutan agar sewaktu-waktu ditemukan keanehan atau kerusakan dapat segera ditanggulangi agar sistem hydrant dapat dipergunakan sebagaimana mestinya ketika terjadinya ancaman bahaya kebakaran. Tempat penyimpanan air harus selalu dipastikan penuh dan bersih, pompa harus hidup secara otamatis dengan Tahapan pertama Jockey Pump kemudian Pompa Utama (Electrical Pump) serta Pompa Cadangan (Diesel Pump) apabila tidak adanya arus listrik.
                Jaringan Pipa dan Valve tidak boleh terdapat kebocoran, Hydrant Valve dan Coupling berfungsi dengan baik serta selang pemancar dan Nozzle harus ada dalam Box agar sistem hydrant selalu siap digunakan kapan saja dibutuhkan.

PENGERTIAN POMPA HYDRANT

Pompa Hydrant atau biasa dikenal dengan Fire Hydrant Pumpadalah pompa utama pada jaringan instalasi Fire Hydrant, berfungsi memasok air dari Ground Water Tank (Tandon Reservoir) ke pipa–pipa dalam saluran Fire Hydrant sampai ke ujung pengeluaran (Nozzle) pada Hydrant Pillar ke luar gedung atau Hydrant Box di dalam gedung saat terjadi kebakaran pada area yang diproteksi.

Pompa Hydrant akan berjalan secara otomatis yang di atur melalui Pressure Switch dan Control Panel. Sistem pada Control Panel Pompa Hydrant tersebut biasanya menggunakan 2 standar, yaitu Standar DPK DKI (Dinas Pemadam Kebakaran Daerah Khusus Ibukota) dan Standar NFPA-20 (National Fire Protection Association) adalah Lembaga Independen Fire Hydrant International.

Type – Type Pompa yang digunakan untuk keperluan aplikasi Fire Hydrant adalah :

  • Horizontal Split Case
  • Vertical Split Case
  • Vertical Inline
  • Vertical Turbine
  • Centrifugal End Suction

*PT. Cahaya Sakti Mandiri mensuplai Pompa Hydrant dengan Merk Pompa EbaraPompa GrundfosPompa Torishima, Pompa CNP, Pompa Maxon, Pompa KSB dan Pompa Equa

HYDRANT DIESEL PUMP

Pompa Hydrant Diesel
Pompa Hydrant EBARA Diesel Engine FAWDE

 Main Hydrant Diesel Pump adalah pompa utama pendorong air yang menggunakan energi berbahan bakar Bensin, dan merupakan bagian dari Fire Hydrant System yang berfungsi sebagai pengganti sumber listrik utama.

Peranan Hydrant Diesel Pump adalah berfungsi menggantikan Electric Pump  apabila terjadi padamnya aliran listrik utama (PLN) padam atau tidak mencukupi pada saat terjadinya insiden kebakaran, disaat itu tentunya  Hydrant Elektrik Pump yang mengandalkan energi listrik dari PLN tidak bisa bekerja dan berfungsi. Apabila aliran listrik kembali hidup, maka tugas diesel akan berubah menjadi penstabil tekanan air.

*PT. Cahaya Sakti Mandiri mensuplai Pompa Hydrant  yang tercouple dengan Diesel Engine Pump merk:

  • FORWARD
  • ISUZU
  • FAWDE (FAW Diesel Engine)
  • CLARKE
  • MITSUBISHI Engine
  • CUMMINS
  • FPT  IVECO

HYDRANT ELECTRIC PUMP

Pompa Hydrant Elektrik – MAXON

Hydrant Electric Pump berfungsi menyuplai air dari Ground Water Tank (Tandon Reservoir) ke pipa–pipa dalam saluran Fire Hydrant sampai ke ujung pengeluaran (Nozzle) pada Hydrant Pillar ke luar gedung atau Hydrant Box di dalam gedung saat terjadi kebakaran pada area yang diproteksi / dilindungi. Electric Pump  bekerja mengandalkan tenaga aliran listrik dari Listrik PLN sebagai sumber daya utamanya.

*PT. Cahaya Sakti Mandiri mensuplai Pompa Hydrant yang tercouple dengan Electric Motor:

  • TECO
  • CMG
  • ELEKTRIM
  • TITAN
  • WESTERN
  • SIEMENS

HYDRANT JOCKEY PUMP

Vertical Multi Stage Pump – GRUNDFOS

                Hydrant Jockey Pump adalah pompa dalam Fire Fighting Hydrant System’s, yang bertugas sebagai penstabil tekanan / pressure air yang masuk ke dalam jaringan hydrant dari Ground Water Tank (Tandon Reservoir).

Pompa ini dapat bekerja secara otomatis maupun manual, berdasarkan jenis control panelnya. Jockey Pump dapat mulai bekerja ketika tekanan / pressure air mencapai pada posisi yang telah ditetapkan. Pada umumnya bekerja ketika tekanan / pressure air berada di posisi 6 bar sampai 8 bar.

*PT. Cahaya Sakti Mandiri mensuplai Pompa Hydrant Jockey Merk:

  • GRUNDFOS
  • EBARA
  • CNP
  • MAXON

https://cahayasaktimandiri.com/page/


1 Comment

Sahna Ruspendi

October 28, 2020 at 10:06 am

Asalamualaikum wrwb. Mhn diberikan penawaran harga Untuk otomatis. Pemadam
Kebakaran di Pabrik pakan ternak Pt Bounty Segar lokasi Di Indramayu

Log out of this account

Leave a Reply